PENGARUH FILM KARTUN UPIN & IPIN PADA PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA 2 TAHUN
Kata Kunci:
Film Kartun, Pemerolehan Bahasa, Upin-IpinAbstrak
Penelitian ini mengkaji pengaruh film kartun "Upin & Ipin" terhadap pemerolehan bahasa anak usia dua tahun, dengan fokus pada fenomena penggunaan bahasa Melayu, alih kode, dan logat yang dipengaruhi oleh film tersebut. Meskipun penelitian sebelumnya menunjukkan peran media dalam perkembangan bahasa anak melalui lagu anak-anak, penelitian ini menggali lebih dalam pengaruh spesifik dari film kartun "Upin & Ipin," yang belum banyak dibahas. Menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini berfokus pada seorang anak bernama Ayu, yang sering menonton film tersebut. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan ibu Ayu dan observasi langsung terhadap interaksi Ayu dalam kehidupan sehari-hari. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan fokus pada perubahan pola bahasa, seperti kemunculan logat Melayu, penggunaan kosakata baru, dan fenomena alih kode yang terjadi setelah Ayu terpapar film kartun tersebut. Penelitian ini menemukan bahwa paparan yang terus-menerus terhadap film kartun "Upin & Ipin" mempengaruhi perkembangan bahasa anak, terutama dalam bentuk pengaruh logat dan penggunaan bahasa Melayu dalam komunikasi sehari-hari. Hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya pengawasan orang tua terhadap media yang dikonsumsi anak untuk memastikan bahwa perkembangan bahasa mereka tidak terganggu oleh pengaruh bahasa asing yang tidak sesuai dengan konteks sosial mereka. Penelitian ini memberikan wawasan baru dalam bidang psikolinguistik mengenai bagaimana media audiovisual dapat mempengaruhi pemerolehan bahasa pada anak usia dini.
This study examines the influence of the cartoon "Upin & Ipin" on the language acquisition of two-year-old children, focusing on the phenomena of Malay language use, code switching, and accent influenced by the film. Although previous studies have shown the role of media in children's language development through children's songs, this study delves deeper into the specific influence of the cartoon "Upin & Ipin," which has not been widely discussed. Using a qualitative descriptive method with a case study approach, this study focuses on a child named Ayu, who often watches the film. Data were collected through interviews with Ayu's mother and direct observation of Ayu's interactions in everyday life. Data analysis was conducted qualitatively with a focus on changes in language patterns, such as the emergence of Malay accents, the use of new vocabulary, and the phenomenon of code switching that occurred after Ayu was exposed to the cartoon. This study found that continuous exposure to the cartoon "Upin & Ipin" affects children's language development, especially in the form of accent influence and the use of Malay in everyday communication. The results of this study indicate the importance of parental supervision of the media consumed by children to ensure that their language development is not disrupted by the influence of foreign languages that are not appropriate to their social context. This study provides new insights into the field of psycholinguistics regarding how audiovisual media can influence language acquisition in early childhood.