KAJIAN PSIKOLINGUISTIK TERHADAP FAKTOR KETERLAMBATAN BICARA PADA ANAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA

Penulis

  • Rita Silpina Universitas Islam Riau
  • Nikmatul Wahyuti Universitas Islam Riau
  • Fatmawati Universitas Islam Riau

Kata Kunci:

Psikolinguitik, Bahasa, Anak

Abstrak

Keterlambatan berbicara pada anak merupakan masalah yang signifikan dan dapat mempengaruhi perkembangan sosial serta akademis mereka. Latar belakang penelitian ini berfokus pada identifikasi faktor-faktor yang menyebabkan keterlambatan berbicara, baik dari dalam diri anak (faktor internal) maupun dari lingkungan sekitar (faktor eksternal). Permasalahan yang diidentifikasi mencakup pengaruh genetika, hormon testosteron, serta lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami faktor-faktor tersebut dan memberikan rekomendasi untuk penanganan yang efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literatur yang menganalisis berbagai penelitian terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal seperti genetika dan pengaruh hormon testosteron berkontribusi terhadap keterlambatan berbicara, sementara faktor eksternal seperti lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat juga memiliki peran penting dalam perkembangan kemampuan berbicara anak. Rekomendasi yang diberikan mencakup pentingnya menciptakan lingkungan yang mendukung, seperti interaksi verbal yang positif di rumah, program pendidikan yang inklusif di sekolah, serta keterlibatan masyarakat dalam mendukung perkembangan bahasa anak. Selain itu, penanganan medis dan terapi untuk anak yang mengalami gangguan berbicara juga sangat dianjurkan. Dengan pendekatan yang komprehensif, diharapkan anak-anak dapat mengatasi keterlambatan berbicara dan berkembang secara optimal dalam komunikasi dan interaksi sosial.

Speech delay in children is a significant issue that can affect their social and academic development. The background of this research focuses on identifying the factors that cause speech delays, both from within the child (internal factors) and from the surrounding environment (external factors). The identified problems include the influence of genetics, testosterone hormone, as well as the home, school, and community environments. The aim of this study is to understand these factors and provide recommendations for effective intervention. The method used in this research is a literature review that analyzes various related studies. The results indicate that internal factors such as genetics and the influence of testosterone hormone contribute to speech delays, while external factors such as the home, school, and community environments also play a crucial role in the development of children's speaking abilities. Recommendations include the importance of creating a supportive environment, such as positive verbal interactions at home, inclusive educational programs in schools, and community involvement in supporting children's language development. Additionally, medical intervention and therapy for children experiencing speech disorders are highly recommended. With a comprehensive approach, it is hoped that children can overcome speech delays and develop optimally in communication and social interaction.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-30