PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK USIA TIGA TAHUN TATARAN FONOLOGI STUDI KASUS AKBAR RAYYAN ALFAHRI : KAJIAN PSIKOLINGUISTIK

Penulis

  • Meta Agustini Universitas Islam Riau
  • Triya Anggraini Universitas Islam Riau
  • Fatmawati Universitas Islam Riau

Kata Kunci:

Fonologi, Anak Usia 3 Tahun, Gangguan Pemerolehan Bahasa, Studi Kasus

Abstrak

Penelitian ini membahas kajian fonologi pada anak usia tiga tahun, dengan fokus pada studi kasus Akbar Rayyan Alfahri yang mengalami gangguan pemerolehan bahasa. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis pola fonologis yang muncul dalam perkembangan bahasa anak, mengidentifikasi jenis-jenis gangguan fonologis yang dialami, serta mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan bahasa tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui observasi langsung dengan cara  perekaman aktivitas verbal anak dan catat. Hasil analisis menunjukkan adanya pola substitusi bunyi, penghilangan konsonan akhir, dan distorsi fonem tertentu. Faktor-faktor seperti stimulasi lingkungan, keterbatasan artikulatoris, dan keterlambatan pemerolehan fonem ditemukan berkontribusi terhadap gangguan fonologis yang dialami Akbar. Kajian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dalam memahami perkembangan fonologi anak dengan gangguan bahasa, serta menjadi acuan bagi orang tua dan praktisi dalam merancang intervensi yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak.

This study discusses the phonological analysis in three year old children., with a focus on the case study of Akbar Rayyan Alfahri who experienced language acquisition disorders. This study aims to analyze the phonological patterns that emerge in children's language development, identify the types of phonological disorders experienced, and explore the factors that influence language development. This research uses a qualitative approach with a case study method. Data was obtained through direct observation by recording the verbal activities of children and students. The results of the analysis show that there are patterns of sound substitution, deletion of final consonants, and distortion of certain phonemes. Factors such as environmental stimulation, articulatory limitations, and delays in phoneme acquisition contribute to Akbar's phonological disorders. It is hoped that this study will provide insight into understanding the phonological development of children with language disorders, as well as become a reference for parents and practitioners in designing appropriate interventions to improve children's language skills. Key words: phonology, 3 year old children, language acquisition disorders, case studies

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-30