HUBUNGAN PSIKOLINGUISTIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA TERHADAP ANAK AUTISME

Penulis

  • Febi Cahyani Universitas Islam Riau
  • Bunga Dwi Yuliana Universitas Islam Riau
  • Fatmawati Universitas Islam Riau

Kata Kunci:

Psikolinguistik, Gangguan Berbahasa, Anak Autisme

Abstrak

Gangguan berbahasa pada anak autisme merupakan tantangan signifikan yang mempengaruhi kemampuan komunikasi dan interaksi sosial mereka. Latar belakang penelitian ini berfokus pada hubungan psikolinguistik dalam proses pembelajaran bahasa, yang sangat relevan bagi anak-anak dengan autisme. Identifikasi permasalahan menunjukkan bahwa anak autisme sering mengalami kesulitan dalam memahami dan menggunakan bahasa, yang dapat disebabkan oleh gangguan pada area otak yang bertanggung jawab atas pemrosesan bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi tingkat kemampuan berbahasa anak autisme dan efektivitas terapi wicara dalam mendukung proses pembelajaran bahasa mereka. Metode yang digunakan mencakup analisis literatur dan studi kasus yang menyoroti pengalaman anak-anak autisme dalam terapi wicara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi wicara yang terstruktur, yang mengintegrasikan pendekatan psikolinguistik, dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak autisme secara signifikan. Terapi ini, yang sering dilengkapi dengan alat bantu visual dan teknik interaktif, membantu anak memahami pola bahasa dan berinteraksi secara sosial. Rekomendasi dari penelitian ini mencakup pentingnya deteksi dini dan intervensi yang tepat, serta dukungan dari keluarga dan lingkungan untuk menciptakan suasana yang mendukung perkembangan bahasa anak autisme. Dengan pendekatan yang tepat, anak-anak ini dapat mengembangkan keterampilan berbahasa yang lebih baik, sehingga meningkatkan kualitas hidup mereka dan memfasilitasi interaksi sosial yang lebih baik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus, serta menekankan pentingnya hubungan psikolinguistik dalam proses pembelajaran bahasa bagi anak autisme.

Language disorders in children with autism present significant challenges that affect their communication and social interaction abilities. The background of this research focuses on the psycholinguistic relationship in the language learning process, which is highly relevant for children with autism. The identification of issues indicates that children with autism often experience difficulties in understanding and using language, which may be caused by impairments in the brain areas responsible for language processing. The aim of this study is to explore the language proficiency levels of children with autism and the effectiveness of speech therapy in supporting their language learning process. The methods employed include literature analysis and case studies highlighting the experiences of children with autism in speech therapy. The results indicate that structured speech therapy, which integrates psycholinguistic approaches, can significantly enhance the language abilities of children with autism. This therapy, often supplemented with visual aids and interactive techniques, helps children understand language patterns and engage socially. Recommendations from this research emphasize the importance of early detection and appropriate interventions, as well as support from families and environments to create a conducive atmosphere for the language development of children with autism. With the right approach, these children can develop better language skills, thereby improving their quality of life and facilitating better social interactions. This study aims to provide new insights into the development of more effective learning methods for children with special needs, while also highlighting the importance of the psycholinguistic relationship in the language learning process for children with autism.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-30