ANALISIS KESALAHAN JAWABAN PESERTA DIDIK PADA KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

Penulis

  • Asa Raila Salam Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Adzkia Fikriyati Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Intan Nurjanah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Khaerani Ysufiah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Putri Syahrani Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Wahidin Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Kata Kunci:

Komunikasi Matematis, Pendekatan Kontekstual, Pembelajaran Matematika

Abstrak

Kemampuan komunikasi matematis peserta didik merupakan salah satu aspek penting yang perlu dikembangkan melalui proses pembelajaran yang efektif. Rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik di Indonesia, sebagaimana diungkapkan oleh survei PISA, menunjukkan bahwa peserta didik menghadapi berbagai kesulitan, seperti memahami informasi soal, menuliskan operasi matematika, dan membangun model matematika yang sesuai. Penelitian ini menyoroti pendekatan pembelajaran kontekstual sebagai strategi yang efektif dalam mengembangkan kemampuan komunikasi matematis. Pendekatan ini mencakup tujuh komponen utama, termasuk inkuiri yang terbukti dapat meningkatkan pemikiran kritis, kolaborasi, dan pemahaman mendalam. Pembelajaran matematika berbasis kontekstual tidak hanya menekankan pada algoritma, tetapi juga mendorong peserta didik untuk mengaitkan konsep matematika dengan pengalaman sehari-hari. Dengan memahami kesalahan yang umum terjadi, guru dapat mengidentifikasi sumber permasalahan dan menerapkan metode pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-30