PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA 4 TAHUN TATARAN FONOLOGI

(Kajian Psikolinguistik)

Penulis

  • Devita Rahmawati Putri Universitas Islam Riau
  • Della Ardilla Universitas Islam Riau
  • Fatmawati Universitas Islam Riau

Kata Kunci:

Bahasa Anak, Psikolinguistik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana anak usia 4 tahun memperoleh kemampuan berbahasa, khususnya dalam hal penguasaan bunyi atau fonologi. Fokus utama penelitian adalah melihat bagaimana anak memproduksi bunyi bahasa, termasuk kesalahan-kesalahan yang terjadi serta cara anak menyesuaikan diri dengan fonem-fonem dalam bahasa yang digunakan sehari-hari. Pendekatan kualitatif digunakan dengan metode observasi dan perekaman percakapan anak dalam aktivitas sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak usia 4 tahun umumnya sudah menguasai sebagian besar fonem dalam bahasa ibunya. Meski begitu, masih ada kesalahan yang kerap muncul, seperti mengganti bunyi tertentu atau menghilangkan konsonan pada kata-kata yang kompleks. Faktor lingkungan, interaksi dengan orang lain, dan stimulasi verbal dari keluarga memainkan peran penting dalam mempercepat proses penguasaan fonologi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan lebih lanjut tentang perkembangan bahasa anak serta menjadi panduan untuk menangani masalah bicara pada usia dini.

This study aims to explore how 4-year-old children acquire language skills, particularly in mastering sounds or phonology. The primary focus is on examining how children produce speech sounds, including the errors they make and how they adapt to the phonemes of their native language. A qualitative approach was used, employing observation and recording of children's conversations during daily activities. The findings reveal that 4-year-old children generally have mastered most of the phonemes in their native language. However, errors such as sound substitutions and the omission of consonants in complex words are still common. Environmental factors, social interactions, and verbal stimulation from family members play a crucial role in accelerating the phonological acquisition process. This study is expected to provide deeper insights into children's language development and serve as a reference for addressing speech issues in early childhood

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-30