ANALISIS PENGARUH BIMBINGAN TEMAN SEBAYA DAN FAKTOR PENDUKUNGNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP KARTIKA XIX-2 BANDUNG
Kata Kunci:
Bimbingan Teman Sebaya, Matematika, Motivasi BelajarAbstrak
Berbagai kesulitan yang dialami siswa membutuhkan intervensi terhadap motivasi belajarnya, salah satunya adalah bimbingan teman sebaya. Belum adanya kajian serupa pada lokasi dan subjek ini menciptakan kesenjangan penelitian yang perlu diisi untuk memahami dinamika dan pembelajaran dan motivasi siswa secara lebih mendalam. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh antara bimbingan teman sebaya dengan motivasi belajar matematika siswa serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas bimbingan teman sebaya dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa SMP Kartika XIX-2 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode studi kuantitatif melalui survei dengan pengisian kuesioner, populasi penelitian ini seluruh siswa SMP Kartika XIX-2 Bandung dengan besar sampel 96 siswa. Teknik sampling yang digunakan total sampling, dengan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan teman sebaya berpengaruh signifikan sebesar 98,52% terhadap motivasi belajar matematika siswa SMP Kartika XIX-2 Bandung dengan faktor pendukung yang paling dominan yaitu kenyamanan belajar bersama teman sebaya.
Various difficulties experienced by students require interventions for their learning motivation, one of which is peer guidance. The absence of similar studies in this location and subject creates a research gap that needs to be filled to understand the dynamics and learning and student motivation more deeply. Therefore, this study aims to examine the influence between peer guidance and students' math learning motivation and identify factors that influence the effectiveness of peer guidance in increasing students' math learning motivation at SMP Kartika XIX-2 Bandung. This research uses a quantitative study method through a survey by filling out a questionnaire, the population of this study is all students of SMP Kartika XIX-2 Bandung with a sample size of 96 students. The sampling technique used was total sampling, with descriptive statistical analysis and simple linear regression analysis. The results showed that peer guidance had a significant effect of 98.52% on the motivation to learn mathematics of SMP Kartika XIX-2 Bandung students with the most dominant supporting factor being the comfort of learning with peers.