PERSEPSI SISWA TERHADAP PERAN GURU MATEMATIKA SEBAGAI WALI KELAS DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER DAN BIMBINGAN DI SMAN 1 CILILIN

Penulis

  • Alifia Salsabila Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhamad Prabu Adi Pratama Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rachma Cantika Damayanti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rifa Hilman Mubarok Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ibrahim Al Hakim Universitas Pendidikan Indonesia

Kata Kunci:

Guru Matematika, Pengembangan Karakter, Kedisiplinan Siswa

Abstrak

Guru memiliki peran strategis dalam membentuk karakter siswa. Peran ini menjadi semakin signifikan ketika seorang guru matematika, juga berfungsi sebagai wali kelas. Guru matematika dikenal dengan pendekatan yang tegas dan terstruktur, yang sering kali diasosiasikan dengan kedisiplinan dan tanggung jawab. Penelitian ini berupaya menggali persepsi siswa terhadap peran guru matematika sebagai wali kelas, khususnya dalam pengembangan karakter dan bimbingan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk memahami persepsi siswa terhadap peran guru matematika sebagai wali kelas dalam pengembangan karakter dan bimbingan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X, XI, dan XII di SMAN 1 Cililin. Pemilihan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu memilih siswa yang memiliki pengalaman langsung berinteraksi dengan guru matematika sebagai wali kelas siswa memiliki pandangan yang beragam terkait dengan peran ganda guru matematika sebagai wali kelas. Sebagian siswa merasa bahwa kombinasi ini memberikan dampak positif, terutama dalam hal kedisiplinan dan fokus pada pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa peran ganda guru matematika sebagai wali kelas dapat memperkuat aspek kedisiplinan dalam diri siswa. Peran guru matematika sebagai wali kelas memiliki dampak positif terhadap pengembangan karakter dan bimbingan siswa di SMAN 1 Cililin, terutama dalam aspek kedisiplinan dan tanggung jawab. Siswa juga mengharapkan guru lebih fleksibel dan personal dalam berinteraksi. Siswa berharap guru dapat lebih terlibat dalam mendengarkan masalah pribadi. Oleh karena itu, disarankan guru matematika sebagai wali kelas menyeimbangkan peran akademik dan emosional.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30