IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI TEKS DESKRIPTIF DI KELAS IV SD
Kata Kunci:
Problem-Based Learning, Berpikir Kritis, Teks Deskriptif, Sekolah DasarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam memahami materi teks deskriptif melalui penerapan model Problem-Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian dari siklus 1 menunjukkan rata-rata skor 68,5 yang masuk dalam kategori cukup, dan pada siklus 2 diperoleh memperoleh rata-rata skor 82,3 yang menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkannya model PBL. Hal ini ditunjukkan melalui peningkatan skor rata-rata hasil belajar siswa, partisipasi aktif siswa dalam diskusi, serta kemampuan mereka dalam menganalisis dan menyelesaikan masalah terkait teks deskriptif.