PENGAJARAN SENI TRADISIONAL DALAM KURIKULUM SEKOLAH UNTUK MELESTARIKAN BUDAYA LOKAL
Kata Kunci:
Seni Tradisional, Kurikulum Sekolah, Budaya LokalAbstrak
Pendidikan seni tradisional di sekolah memiliki peranan penting dalam melestarikan budaya lokal. Dalam era globalisasi yang semakin pesat, identitas budaya sering kali terancam oleh pengaruh budaya asing. Oleh karena itu, pengajaran seni tradisional dalam kurikulum sekolah menjadi langkah strategis untuk menjaga dan mengembangkan warisan budaya. Melalui metode kualitatif, penelitian ini mengidentifikasi berbagai pengajaran seni tradisional dalam kurikulum sekolah muncul sebagai solusi yang efektif untuk menjaga dan melestarikan warisan budaya. Seni tradisional, yang mencakup berbagai bentuk ekspresi seperti tarian, musik, dan kerajinan tangan, bukan hanya sekadar hiburan, tetapi juga merupakan cermin dari identitas dan sejarah suatu masyarakat dan melalui pendidikan seni tradisional siswa dapat memahami, menghargai, dan merayakan budaya mereka sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengintegrasikan seni tradisional ke dalam pendidikan, sekolah dapat berperan aktif dalam menanamkan rasa bangga dan kecintaan siswa terhadap warisan budaya mereka. Melalui pembelajaran yang interaktif dan mendalam tentang seni tradisional, siswa tidak hanya belajar teknik dan keterampilan, tetapi juga memahami konteks budaya yang melatarbelakanginya.
Traditional art education in schools has an important role in preserving local culture. In the era of increasingly rapid globalization, cultural identity is often threatened by the influence of foreign cultures. Therefore, the teaching of traditional arts in the school curriculum is a strategic step to preserve and develop cultural heritage. Through qualitative methods, this study identifies various traditional arts teaching in school curricula emerging as effective solutions to safeguard and preserve cultural heritage. Traditional arts, which include various forms of expression such as dance, music, and handicrafts, are not just entertainment, but are also a mirror of the identity and history of a society and through traditional arts education students can understand, appreciate, and celebrate their own culture. The results of the study show that by integrating traditional arts into education, schools can play an active role in instilling students' sense of pride and love for their cultural heritage. Through interactive and in-depth learning about traditional arts, students not only learn techniques and skills, but also understand the cultural context behind them.