PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ARCS BERBASIS WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTS DARUL AMIN
Kata Kunci:
Motivasi Belajar, Model ARCS, WordwallAbstrak
Pendidikan memegang peranan penting dalam perkembangan suatu bangsa, dan motivasi belajar siswa merupakan salah satu faktor utama yang menentukan keberhasilan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran ARCS berbasis platform Wordwall di MTs Darul Amin, guna meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, dengan triangulasi sebagai teknik validasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model ARCS berbasis Wordwall dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik. Namun, terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam penerapan model ini. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi teknologi dengan metode pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan motivasi siswa secara signifikan.
Education plays an important role in the development of a nation, and student learning motivation is one of the main factors that determine success in the learning process. This study aims to develop an ARCS learning model based on the Wordwall platform at MTs Darul Amin, in order to increase student learning motivation. The method used is qualitative research with a case study approach, where data is collected through interviews, observations, and documentation. Data analysis was conducted using the Miles and Huberman interactive model, with triangulation as a validation technique. The results of this study show that the application of the Wordwall-based ARCS model can increase students' learning motivation and provide a more interesting learning experience. However, there are some obstacles faced by teachers and students in the application of this model. Overall, this study concludes that the integration of technology with appropriate learning methods can significantly improve learning quality and student motivation.