ANALISIS HAMBATAN EPISTEMOLOGI SISWA PADA MATERI SUDUT LANCIP DI SMP NEGERI 6 KUPANG TENGAH

Penulis

  • Laurensia Dos Santos Universitas Katolik Widya Mandira

Kata Kunci:

Analisis Hambatan Epistemologi, Sudut Lancip

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan epistemologi apa saja dan faktor penyebab hambatan yang terjadi dalam menyelesaikan soal pada materi sudut lancip. Subjek penelitian ini adalah 20 orang siswa gabungan dari kelas VIIA dan VIIB SMP Negeri 6 Kupang Tengah. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat secara teoritis dan praktis. Faktor-faktor yang memicu timbulnya kesalahan adalah pengetahuan awal tidak cukup karena belum mengerti atau lupa, materi sudut lancip belum dipahami dengan baik, ceroboh atau tidak teliti, dan tidak mengulang apa yang telah dipelajari dirumah.

The purpose of this study is to find out what epistemological obstacles and factors cause obstacles that occur in solving problems in taper angle material. The subjects of this study were 20 combined students from classes VIIA and VIIB of SMP Negeri 6 Kupang Tengah. In this study, the type of research used is qualitative research with data collection techniques used, namely observation, documentation and interviews. The results of this research are expected to be useful theoretically and practically. The factors that trigger the onset of errors are insufficient initial knowledge because they have not understood or forgotten, the taper angle material has not been understood well and is careless or not thorough.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30