PEMANFAATAN BAHAN DAUR ULANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PJOK YANG KREATIF DAN EDUKATIF

Penulis

  • Muhammad Da’I Hadi Universitas Negeri Medan
  • Marito Parulian Saragih Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Daur Ulang, Media Pembelajaran, Kreatif Dan Edukatif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan bahan daur ulang sebagai media pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) yang kreatif dan edukatif. Dengan menggunakan bahan-bahan daur ulang, diharapkan mampu menciptakan metode pembelajaran yang inovatif, interaktif, serta meningkatkan kesadaran lingkungan pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, melalui observasi kelas, dan wawancara mendalam, untuk menganalisis efektivitas dan penerimaan bahan daur ulang sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan daur ulang tidak hanya efektif sebagai sarana pembelajaran, tetapi juga mampu mendorong kreativitas serta menumbuhkan kesadaran lingkungan di kalangan siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan bahan daur ulang sebagai media pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) yang kreatif dan edukatif. Dengan menggunakan bahan-bahan daur ulang, diharapkan mampu menciptakan metode pembelajaran yang inovatif, interaktif, serta meningkatkan kesadaran lingkungan pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, melalui observasi kelas, dan wawancara mendalam, untuk menganalisis efektivitas dan penerimaan bahan daur ulang sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan daur ulang tidak hanya efektif sebagai sarana pembelajaran, tetapi juga mampu mendorong kreativitas serta menumbuhkan kesadaran lingkungan di kalangan siswa.

This study aims to explore the utilization of recycled materials as a creative and educational medium in Physical Education, Sports, and Health (PJOK) learning. By using recycled materials, it is expected to create innovative and interactive learning methods while also raising environmental awareness among students. This research employs a qualitative approach through classroom observations, interviews, and questionnaires to analyze the effectiveness and acceptance of recycled materials as a learning medium. The results indicate that recycled materials are not only effective as a learning tool but also encourage creativity and foster environmental awareness among students.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30