ANALISIS HAMBATAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VIII B 6 KUPANG TENGAH SATU ATAP PENFUI TIMUR DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL LUAS JURING DAN PANJANG BUSUR PADA LINGKARAN
Kata Kunci:
Hambatan Belajar, Luas Juring Dan Panjang Busur, Respon GuruAbstrak
Penelitian ini mengungkapkan bagaimana pemahaman konseptual siswa tentang luas juring dan panjang busur pada lingkaran di SMP NEGERI 6 KUPANG TENGAN SATU ATAP kelas VIII B dengan jumlah siswa 20 0rang . Meskipun guru telah memberikan contoh soal dan menjelaskan langkah-langkah dalam memecahkan soal,tetapi siswa masih mengalami kesulitan dalam pembagian,serta kurang memahami konsep yang diberikan,sehingga prosedur yang ditempuhnya menjadi terhambat. Penelitian ini merupakan penelitian desain menggunakan kerangka didactical design research dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan mengembangkan desain didaktis berdasarkan kesulitan siswa. Data dikumpulkan melalui uji kemampuan siswa dengan tes tertulis,wawancara dan observasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan disebabkan kurangnya pemahaman konsep dan pembagian, hasil implementasi desain didactical ini sesuai dengan prediksi respon siswa yang telah dibuat sebelumnya. Selama proses pengimplementasian ada beberapa respon guru yang tidak sesuai dengan prediksi sebelumnya, dan hal ini perlu disadari oleh guru.
This study reveals how students’ conceptual understanding of the area of the arc and the length of the arc in a circle at SMP NEGERI 6 KUPANG TENGAH SATU ATAP class VIII B with a total of 20 students. Even though the teacher has given examples of questions and explained the steps in solving the problems, students still have difficulties in dividing and do not understand the concepts given. So that the procedures they take are hampered. This research is design research using a didactical design research framework using a qualitative approach and develipong didactic design based on students’ difficulties data was collected through students’ability tests,interviews,and observation. The results showed that students experienced difficulties due to a lack of understanding of concepts and division, the results of the implementation of this didactical design were in accordance with the predictions of student responses that had been made previously. During the implementation process there were several teacher responses that were not in accordance with previous predictions,and this needs to be realized by the teacher.