NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TARI LEGONG TOMBOL DI SANGGAR SANTHI BUDAYA, BULELENG

Penulis

  • Annisa Rachma Dwi Indriany Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ida Ayu Trisnawati Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ni Made Arshiniwati Institut Seni Indonesia Denpasar

Kata Kunci:

Tari Legong Tombol, Pendidikan Karakter, Pelestarian Budaya, Seni Tari Bali, Sanggar Santhi Budaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam Tari Legong Tombol, seni tari klasik Bali yang sempat punah namun direkonstruksi dan dilestarikan di Buleleng, khususnya Sanggar Santhi Budaya. Tarian ini berpotensi sebagai media efektif untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter, namun belum banyak kajian spesifik yang mengulasnya. Penelitian ini penting untuk memahami bentuk, nilai-nilai pendidikan karakter, dan dampaknya terhadap peserta didik. Pendekatan teori yang digunakan meliputi Teori Estetika untuk menilai keindahan, Teori Pendidikan Karakter untuk menganalisis nilai moral, dan Teori Konstruktivisme untuk memahami pembelajaran sosial melalui interaksi pelatih dan peserta didik. Metode deskriptif kualitatif dengan studi kasus digunakan, mencakup wawancara, observasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan setiap elemen Tari Legong Tombol, mulai dari gerakan, musik pengiring, hingga kostum, mengandung pesan moral yang membentuk karakter peserta didik, memperkuat identitas budaya, dan melestarikan tradisi. Tarian ini mengajarkan nilai-nilai disiplin, tanggung jawab, kerjasama, dan penghormatan terhadap budaya melalui latihan dan pementasan. Dampaknya positif dalam memperkuat karakter dan identitas budaya peserta didik di tengah modernisasi

This research aims to identify and analyse character education values in Legong Tombol Dance, a classical Balinese dance that was extinct but reconstructed and preserved in Buleleng, especially Sanggar Santhi Budaya. This dance has the potential to be an effective medium for instilling character education values, but not many specific studies have reviewed it. This research is important to understand the form, character education values, and its impact on students. The theoretical approaches used include Aesthetic Theory to assess beauty, Character Education Theory to analyse moral values, and Constructivism Theory to understand social learning through the interaction of trainers and learners. A descriptive qualitative method with a case study was used, including interviews, observations, and literature study. The results show that every element of Legong Tombol Dance, from movements, musical accompaniment, to costumes, contains moral messages that shape learners' characters, strengthen cultural identity, and preserve traditions. This dance teaches the values of discipline, responsibility, cooperation, and respect for culture through practice and performance. The impact is positive in strengthening the character and cultural identity of students in the midst of modernisation.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30