PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS 1 SDN PAKIS V SURABAYA

Penulis

  • Dwi Nadila Anggraini Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Savitri Suryandari Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Kata Kunci:

Kemampuan Membaca Pemahaman, Bahasa Indonesia, Model Pembelajaran Scramble, Siswa Kelas 1, Sdn Pakis V Surabaya

Abstrak

Proses pengembangan ilmu pengetahuan kepada peserta didik dalam pembelajaran terdapat berbagai cara, salah satunya adalah menggunakan model pembelajaran. Model pembelajaran yang bervariasi akan menarik perhatian siswa, dan model pembelajaran masih jarang digunakan di lingkungan sekolah, sehingga membuat siswa jenuh dan berdampak pada kemampuan belajar mereka. Sebagai pendidik, guru harus mempertimbangkan berbagai jenis model pembelajaran untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar. Model pembelajaran Scrambel merupakan salah satu model yang menarik untuk digunakan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran Scrambel untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas I SDN Pakis V Surabaya. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah tiga puluh siswa yang memiliki hasil membaca pemahaman yang kurang memuaskan pada awalnya. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan membaca siswa dan pengamatan aktivitas yang mereka lakukan selama pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa meningkat secara signifikan setelah menerapkan model Scrambel. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kemampuan membaca siswa meningkat dari proses siklus 1 yaitu 56,2%, dan kemudian naik menjadi 74,6%. Dan pada aktivitas siswa rata-rata 78,5% berada dalam kategori baik, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 94,3%. Siswa mengakui dalam wawancara bahwa pembelajaran dengan model Scramble dapat membantu mereka dalam kemampuan membaca pemahaman bahasa Indonesia dengan suasana yang menyenangkan

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30