DAMPAK PENERAPAN SCREEN TIME ORANG TUA TERHADAP PERMASALAHAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AL-MADANI DESA SARABUNAN KAB PAMEKASAN
Kata Kunci:
penerapan screen time, permasalahan bahasaAbstrak
Berdasarkan permasalahan dalam penelitian ini adalah permasalahan bahasa. Yang disebabkan kurangnya bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama. Seperti anak mampu mengucapkan satu atau dua kata anak tergolong speach delay (keterlambatan bicara) yang disebabkan oleh gadjet dan penguasaan kosa kata anak kurang mampu atau masih belum mecapai kosa kata misalnya masih usia lima tahun setiap diajak komunikasi masih tidak legkap. Dengan adanya bimbingan, guru dapat membimbing anak degan memperlihatkan suatu prses atau tingkah laku murid. Dengan demikian peneliti memberikan gambaran dan informasi tentang dampak peerapan screen time orang tua terhadap permasalaha bahasa anak usia 4-5 tahun di TK AL-Madani desa sarabunan kab pamekasan. Bahwa dampak penerapan screen time pada anak usia 4-5 tahun akibat yang dapat terjadi pada mata anak diantaranya menimbulkan mata minus, ukuran mata bertambah bagi penderita mata minus dan juga mengalami kelelahan mata. Dampak lainnya adalah anak malas berpikir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peerapan screen time terhadap permasalahan bahasa anak usia 4-5 tahun. Adapun metode penelitian yang di gunakan adalah deskriptif berbentuk kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru orang tua dan anak usia 4-5 tahun. Teknik dan alat pegumpulan data menggunakan teknik komunikasi langsug, teknik observasi dan dokumentasi. Dari hasil peelitian, peeliti mengemukakan hasil penelitian bahwa peningkatan screen time melalui permasalahan bahasa anak usia 4-5 tahun Di TK AL-Madani desa sarabunan kab pamekasan bernilai cukup baik, dan dapat disimpulkan bahwa sebagai guru dalam menigkatkan screen time mempunyai target atau inisiatif bahwa peningkata permasalahan bahasa anak sesuai denganĀ yang akan dikembangkan.