PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGARANG MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS 4 SD PADA MATERI TEKS NARASI

Penulis

  • Nur Listiana Dwi Hutami Suroso Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Savitri Suryandari Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Kata Kunci:

Kemampuan Mengarang, Mind Mapping, Teks Narasi, Pembelajaran Kreatif, Sekolah Dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengarang siswa kelas 4 pada materi teks narasi dengan menggunakan metode mind mapping. Banyak siswa mengalami kesulitan dalam menyusun karangan yang runtut dan logis, khususnya dalam mengembangkan ide dan mengorganisasikan alur cerita. Metode mind mapping diterapkan untuk membantu siswa mengorganisasi gagasan secara visual, yang diharapkan dapat memudahkan proses pengembangan alur dan karakter dalam cerita. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus melibatkan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode mind mapping mampu meningkatkan kemampuan mengarang siswa secara signifikan. Nilai rata-rata kemampuan mengarang siswa meningkat dari 65 pada siklus 1 menjadi 80 pada siklus 2, melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Selain peningkatan nilai, siswa juga menunjukkan perkembangan dalam hal kreativitas dan antusiasme terhadap tugas mengarang. Dengan demikian, metode mind mapping dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis narasi pada siswa sekolah dasar.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30