MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA OPERASI HITUNG PERKALIAN DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI DI SD PUTRA BANGSA DRIYOREJO
Kata Kunci:
Hasil Belajar, Matematika, MediaAbstrak
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berdasarkan penelitian yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SD Putra Bangsa Driyorejo dalam mata pelajaran matematika operasi hitung perkalian. Oleh karena itu diperlukan suatu usaha untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui media pembelajaran yang inovatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas II yang berjumlahkan 25 orang anak, 1 orang guru kelas dan 1 peneliti. Penelitian ini bernama penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK, guru berperan sebagai peneliti yang secara langsung mengidentifikasi masalah, merencanakan tindakan perbaikan, melaksanakan tindakan tersebut, dan melakukan refleksi atas hasilnya. Tujuan utama penelitian ini adalah memperbaiki praktik pembelajaran dengan siklus tindakan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, yang berulang hingga tercapainya perbaikan yang diharapkan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi hasil belajar peserta didik, pengamatan guru, dan respons peserta didik terhadap tindakan yang diberikan. Hasil dari PTK diharapkan dapat memberikan solusi praktis bagi permasalahan pembelajaran di kelas serta meningkatkan pemahaman guru tentang praktik pengajaran yang efektif.