PENGEMBANGAN SCRAPBOOK DALAM PEMBELAJARAN IPA SUB MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA

Penulis

  • Dhea Harsyanti Akmal Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Kata Kunci:

Pembelajaran, Media, Scrapbook

Abstrak

Dalam pembelajaran terkhusus pembelajaran IPA pada materi sistem ekskresi manusia, masih banyak peserta didik yang belum fokus dan merasa bosan dan belum memahami dengan baik materi yang diberikan. Untuk itu, perlu dilakukan pengembangan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media, menguji kelayakan dan mengetahui keefektifan dari media pembelajaran scrapbook IPA. Penelitian ini mengginakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pendekatan yang diterapkan yaitu model ADDIE (Sugiyono,2015). Subjek penelitian ini dibagi menjadi subjek uji coba skala kecil yakni siswa kelas VIII MTs Al Maghfiroh berjumlah 6 siswa dan uji coba skala besar yakni 36 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun 2024/2025. Kelavidan media diperoleh dari penilaian oleh ahli penguasaan konten, ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media scrapbook dalam pembelajaran IPA, media yang dikembangkan terbukti valid berdasarkan hasil validasi media oleh para ahli dan praktisi. Media pembelajaran juga dapat diterima siswa terbukti dengan respon siswa yang diambil dengan angket respon dan hasil pembelajaran peserta didik yang digunakan peneliti.

In learning, especially science learning on the human excretory system material, there are still many students who are not focused and feel bored and do not understand the material given well. For this reason, it is necessary to develop learning media. The purpose of this study was to develop media, test the feasibility and determine the effectiveness of science scrapbook learning media. This study uses a quantitative approach. This type of research is Research and Development (R&D). The approach model applied is the ADDIE model (Sugiyono, 2015). The subjects of this study were divided into small-scale trial subjects, namely 6 students of class VIII MTs Al Maghfiroh and large-scale trials, namely 36 students. This research was conducted in the odd semester of 2024/2025. Media validity was obtained from assessments by content mastery experts, media experts and material experts. Based on the results of the research on the development of scrapbook media in science learning, the media developed was proven valid based on the results of media validation by experts and practitioners. Learning media can also be accepted by students as evidenced by student responses taken with response questionnaires and student learning outcomes used by researchers.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30