EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA BOLU MERANTI KHAS KOTA MEDAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA
Kata Kunci:
Etnomatematika, Bolu Meranti, Pendidikan MatematikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui etnomatematika yang terdapat dalam khas Medan, khususnya Bolu Meranti sebagai landasan pembelajaran matematika. Latar belakang penelitian ini di latar belakangi termotivasi oleh pentingnya memasukkan budaya Medan ke dalam pendidikan matematika untuk meningkatkan pemahaman dan relevansi siswa terhadap materi yang diajarkan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode pustaka yang mendukung telaah dan analisis literatur yang relevan dengan topik ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Bolu Meranti tidak hanya memiliki landasan pendidikan yang kuat, tetapi juga mengandung konsep matematika seperti proporsi, pengukuran, dan pola yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar.
This study aims to determine the ethnomathematics contained in Medan's specialties, especially Bolu Meranti as a basis for learning mathematics. The background of this study is motivated by the importance of incorporating Medan culture into mathematics education to improve students' understanding and relevance to the material being taught. The methodology used in this study is a qualitative approach using a library method that supports the review and analysis of literature relevant to this topic. The research findings show that Bolu Meranti not only has a strong educational foundation, but also contains mathematical concepts such as proportion, measurement, and patterns that can be used in the teaching and learning process.