PEMANFAATAN MEDIA THINGLINK UNTUK PENINGKATAN LITERASI SAINS SISWA DI MTS MUALLIMAT AISYIYAH MAKASSAR

Penulis

  • Alwiyah Alamsyah
  • Nasir
  • Sadriana Ayu

Kata Kunci:

Keefektivan, Media Thinglink, Literasi Sains

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas dari media thinglink untuk peningkatan literasi sains siswa di MTs Muallimat Aisyiyah Makassar, sampel pada penelitian ini adalah siswi kelas VII MTs Muallimat Aisyiyah Makassar tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 25 orang. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistic deskriptif dan statistic inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data telah membuktikan bahwa media thinglink efektif digunakan untuk peningkatan literasi sains
siswa kelas VII di MTs Muallimat Aisyiyah Makassar. Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil observasi setelah dilakukan penelitian sebanyak 90% dengan kategori sangat baik, dan berdasarkan rata-rata hasil respon angket yang telah diisi oleh siswa pada aspek keefektivan media thinglink bahwa pada indikator kualitas pembelajaran terdapat nilai rata-rata 86,8 dengan kategori sangat baik, pada indikator kesuaian tingkat pembelajaran terdapat nilai rata-rata 87,6 dengan kategori sangat baik, pada indikator insentif terdapat nilai rata-rata 87 dengan kategori sangat baik, dan pada indikator waktu terdapat nilai rata-rata 89,6 degan kategori sangat baik. Dan pada aspek literasi sains bahwa pada indikator mengidentifikasi isu-isu (masalah) terdapat nilai rata-rata 77,5 dengan kategori baik, pada indikator menjelaskan fenomena ilmiah terdapat nilai rata-rata 80 dengan kategori sangat baik, dan pada indikator menggunakan bukti ilmiah terdapat nilai rata-rata 77 dengan kategori sangat baik. Dari hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektivan media thinglink terhadap peningkatan literasi sains siswa MTs Muallimat Aisyiyah Makassar.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-02