KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SEND A PROBLEM PADA SISWA KELAS VII MTSS TI KAPAU TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Kata Kunci:
Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Kooperatif, Send A ProblemAbstrak
Penelitianini dilatarbelakangi karena adanya permasalahan yang ditemukan di kelas VII MTsS TI Kapau bahwa hasil belajar siswa masih rendah, pembelajaran yang dilakukan masih terpusat pada guru, siswa belum bisa memahami atau memodelkan pembelajaran, siswa belum terbiasa dengan soal non-rutin dan kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah kemampuan pemecahan masalah matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Send A Problem lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII MTsS TI Kapau Tahun Pelajaran 2021/2022? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Send A Problem lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII MTsS TI Kapau Tahun Pelajaran 2021/2022. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “kemampuan pemecahan masalah matematika model pembelajaran kooperatif tipe Send A Problem lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII MTsS TI Kapau Tahun Pelajaran 2021/2022”.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsS TI Kapau tahun pelajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dari hasil analisis data dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata α = 0,05, diperoleh harga thitung > ttabel yaitu> 1,6883 dan dibandingkan dengan Software SPSS 25 dengan Sig. 2.623 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Send A Problem lebih baik daripada dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII MTsS TI Kapau Tahun Pelajaran 2021/2022