PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATEMATIKA BERBASIS QR-CODE MENGGUNAKAN WEB UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI
Kata Kunci:
Modul Ajar, E-Modul, QR-Code, literasi digital, trigonometri, ADDIEAbstrak
Penelitian ini bertujuan memanfaatkan Internet untuk membuat modul ajar matematika berbasis QR Code untuk meningkatkan literasi digital siswa pada materi trigonometri. Subjek penelitian ini terdiri siswa Kelas X yang berjumlah 6 orang. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (research and development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). Tahap analisis meliputi analisis kebutuhan pusat pembelajaran, mata kuliah, dan materi. Tahap perancangan meliputi pembuatan desain modul pengajaran, penentuan tata letak dan bahan acuan, serta penulisan alat penilaian modul pengajaran. Tahap pengembangan meliputi pengembangan modul, verifikasi ahli, dan revisi modul pengajaran. Tahap implementasi meliputi tahap percontohan yang divalidasi dan direvisi untuk siswa. Tahap evaluasi terdiri dari analisis kelebihan dan kelemahan modul ajar yang diujikan. Suatu modul dikatakan layak apabila memenuhi tiga kriteria yaitu efektif, praktis dan efektif. Modul dinyatakan valid berdasarkan evaluasi ahli materi dengan skor rata-rata 88% dan ahli media dengan skor rata-rata 83%. Selain itu, modul dinyatakan praktis dengan rata-rata 74% berdasarkan hasil respon siswa terhadap angket. Selanjutnya berdasarkan hasil tersebut, modul ini efektif dapat membantu siswa memahami materi trigonometri khususnya topik perbandingan trigonometri, dan berpotensi meningkatkan keterampilan siswa. Dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis kode QR yang dikembangkan efektif, praktis dan efektif.