KEPEMIMPINAN VISONER DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN

Penulis

  • Arif Rahman Hakim Universitas Mulawarman
  • Eni Susilowati Universitas Mulawarman
  • Lusy Syintia Jati Universitas Mulawarman
  • Universitas Mulawarman Universitas Mulawarman
  • Yudo Dwiyono [email protected]

Kata Kunci:

Kepemimpinan Visioner, pendidikan

Abstrak

Tinjauan literatur ini mengeksplorasi konsep kepemimpinan visioner, khususnya dalam konteks institusi pendidikan. Kajian tersebut mengkaji definisi, peran, teori, kompetensi, dan karakteristik yang terkait dengan pemimpin visioner. Temuan menunjukkan bahwa pemimpin visioner memainkan peran penting dalam membentuk masa depan organisasi dengan menciptakan visi yang menarik, menginspirasi pengikut, dan menumbuhkan budaya inovasi. Kompetensi utama yang diidentifikasi mencakup pemikiran strategis, komunikasi, manajemen perubahan, dan fokus yang kuat pada pengembangan sumber daya manusia. Implikasi kepemimpinan visioner terhadap praktik pendidikan sangatlah signifikan, karena dapat menumbuhkan lingkungan belajar yang lebih inovatif, berpusat pada siswa, dan efektif. Penelitian di masa depan harus menggali lebih dalam mengenai strategi dan praktik spesifik yang memungkinkan para pemimpin visioner mencapai kesuksesan berkelanjutan dalam lingkungan pendidikan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-02