ANALISIS PERAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENDUKUNG LITERASI MEMBACA PESERTA DIDIK DI SD GMIT 25 FANATING

Penulis

  • Imelda Atakari Universitas Tribuana Kalabahi
  • Jhon A Lalang Yame Universitas Tribuana Kalabahi
  • Ita trisnawati Malaipada Universitas Tribuana Kalabahi
  • Yulia A Jemau Universitas Tribuana Kalabahi
  • Magdalena Banakari Universitas Tribuana Kalabahi

Kata Kunci:

Perpustakaan Sekolah, Literasi, Membaca

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran perpustakaan dalam kegiatan literasi membaca peserta didi dan untuk menemukan faktor –faktor penghambat dalam kegiatan literasi membaca peserta didik. Penelitian yang digunakan adalah   penelitian diskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang sifatnya memberikan gambaran atau penjelasan tentang suatu gejala atau peristiwa sebagaimana adanya atau sesuai dengan apa yang terjadi dilapangan. Hasil penelitian yang diperoleh untuk kegiatan peran perpustakaan sekolah dalam kegiatan literasi peserta didik di SD Gmit 25 Fanating diperlukan langkah-langkah yang nyata, dalam hal ini khususnya sikap pimpinan dan guru-guru yang harus lebih peduli lagi dalam kegiatan literasi,karena dalam kegiatan literasi belum terlaksana secara optimal. Peserta didik tidak di biyasakan membaca di perpustakaan.waktu pagi sebelum bel berbunyi digunakan untuk membersihkan ruang kelas dan halaman sekolah sambil menunggu bel untuk masuk kelas.peserta didik akan di arahkan oleh guru untuk mengambil buku di perpustakaan untuk di gunakan pada saat proses belajar mengajar. Adapun yang menjadi faktor penyebab literasi membaca rendah di SD Gmit 25 Fanating yaitu terbatasnya buku-buku koleksi yang disedia,fasilitas yang kurang memadai,dan perpustakaan dijadikan sebagai dapur sekolah bagi guru-guru dan sekaligus tempat penyimpanan alat-alat dapur di dalam perpustakaan. Oleh karena itu pesera didik lebih memilih bermain,dari pada berkunjung ke perpustakaan untuk membaca buku peserta didik tersebut tidak dibiasakan membaca sejak dini yang mengakibatkan beberapa peserta didik di kelas besar belum lancar membaca bahkan ada yang belum mengenal huruf.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-20