IMPLEMENTASI METODE TANYA JAWAB DENGAN MENGGUNAKAN VIDIO ANIMASI UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK MUSLIMAT NU II PANGURAYAN
Kata Kunci:
Metode tanya jawab, Video animasi, Pengembangan kemampuan bahasa, Anak usia diniAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode tanya jawab dengan menggunakan video animasi untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu mendeskripsikan situasi atau fenomena yang terjadi dilapangan apa adanya. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun dikelas A, guru kelas A, dan kepala sekolah di TK Muslimat NU II Pangorayan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan bahasa anak dapat dikembangkan dengan menggunakan metode tanya jawab dengan video animasi. Penggunaan metode ini di TK Muslimat NU II Pangorayan sangat cocok untuk perkembangan bahasa anak. Penggunaan video animasi tersebut dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan bahasa anak dan dapat memperkaya pengalaman pembelajaran dengan menyajikan konsep-konsep kompleks secara visual dan menarik, hal ini dapat membantu anak-anak memahami materi dengan lebih baik.