MODEL PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kata Kunci:
model pembelajaran, kewarganegaraan, Sekolah Dasar, Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Berbasis DiskusiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran dalam pembelajaran kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan data sekunder dari berbagai referensi buku, jurnal, serta dokumen terkait. Ditemukan empat model pembelajaran yang dapat diterapkan, yaitu Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Kooperatif, dan Pembelajaran Berbasis Diskusi. Keempat model tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, sehingga para pendidik harus mempertimbangkan situasi di kelas dan keterlibatan siswa dalam memilih model pembelajaran yang tepat.
This research aims to develop a learning model in civics learning in elementary schools. Qualitative descriptive methods were used in this research using secondary data from various reference books, journals and related documents. Four learning models were found that could be applied, namely Project Based Learning, Problem Based Learning, Cooperative Learning and Discussion Based Learning. These four models have their respective advantages and disadvantages, so educators must consider the situation in the classroom and student involvement in choosing the right learning model.