UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK MELALUI PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DI UPTD SD INPRES MOEPALI

Penulis

  • Katerina Juniwati Lapekoli Universitas Tribuana Kalabahi
  • Jhon Abraham Lalangyame Universitas Tribuana Kalabahi
  • Nehemia Fanpada Universitas Tribuana Kalabahi
  • Jeni Soekarni Haan Universitas Tribuana Kalabahi
  • Mathias Padamani Universitas Tribuana Kalabahi
  • Nurfitri Arsyifah Burhan Universitas Tribuana Kalabahi

Kata Kunci:

Pemanfaatan, perpustakaan, minat baca

Abstrak

Rendahnya minat baca masyarakat kita sangat mempengaruhi kualitas bangsa indonesia, sebab dengan rendahnya minat baca maka tidak bisa mengetahui dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan informasi didunia. Dengan adanya perpustakaan dapat memberikan “rasa candu” pada peserta didik dan memunculkan new habits yakni membaca. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian yang menjadi fokus utama dalam memunculkan data adalah UPTD SD INPRES MOEPALI yang terletak di Kecamatan Teluk Mutiara. Data primer adalah data yang diperoleh langsung dan informan seperti Kepala Sekolah, guru, siswa, dan tenaga perpustakaan. Data sekunder yang dugunakan seperti arsip-arsip sekolah, beserta dokumen lainnya yang dapat menunjang kelengkapan dari data primer. Teknik cara yang dilakukan peneliti dalam memperoleh data, adapun dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu, data reduction, data display, dan consclution drawing/verifikation. Hasil penelitisan menunjukan upaya pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca di UPTD SD INPRES MOEPALI Kecamatan Teluk Mutiara Kabupaten Alor, sudah menjalankan beberapa upaya akan tetapi belum berjalan sesuai harapan, disebabkan oleh beberapa faktor yaitu, keadaan perpustakaan baik dari koleksi, sarana, dan juga belum mempunyai pustakawan sehingga perpustakaan berjalan mengikuti alur yang ada.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-20