"GERAK DASAR (LOKOMOTOR DAN NONLOKOMOTOR) DI SD NEGERI 060939"
Kata Kunci:
Pendidikan jasmani SD, Gerak lokomotor, Non-lokomotorAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor dalam pendidikan jasmani pada peserta didik kelas VI di SD Negeri No. 060939, Jl. Turi Timbang Deli Serdang, Kecamatan Medan Amplas, Medan, Sumatera Utara. Menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan Metode observasi dan juga dokumentasi. Pendidikan Jasmani (Penjas) di sekolah dasar memainkan peran krusial dalam perkembangan fisik, mental, dan sosial anak-anak. Program ini dirancang untuk membangun fondasi kebugaran fisik yang kuat, serta mengembangkan keterampilan motorik dasar, kesadaran tubuh, dan pengetahuan tentang gaya hidup sehat. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan metode dari Miles dan Huberman dengan Komponen data reduction, data display, conclusion and verification. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa gerak lokomotor dan gerak non-lokomotor merupakan bagian dari pendidikan olahraga. Gerak lokomotor merupakan gerak yang melakukan perpindahan posisi atau tempat baik secara vertikal ataupun horizontal sedangkan non-lokomotor, merupakan gerakan yang tidak melakukan perpindahan posisi ataupun perpindahan tempat. Pembinaan dan pengembangan pendidikan olahraga dilaksanakan dengan memperhatikan potensi, kemampuan, minat, dan bakat peserta didik.