ANALISIS KELAYAKAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP/MTS MATERI MEMAHAMI ISI TEKS DESKRIPSI

Penulis

  • Najla Haifa Maulidina Tarigan Universitas Negeri Medan
  • Irma Yanti Sitorus Universitas Negeri Medan
  • Ida Binneka Universitas Negeri Medan
  • Tia Hairany Amanda Universitas Negeri Medan
  • Frischa Saria S Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Analisis, Bahasa Indonesia, Pemahaman, Kurikulum, Kelebihan, Kekurangan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menilai kecocokan buku teks Bahasa Indonesia untuk siswa kelas VII SMP/MTs, yang berfokus pada pemahaman isi teks deskripsi dan diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dalam pengembangan buku teks tersebut. Aspek yang dianalisis mencakup kesesuaian isi dengan kurikulum yang berlaku, akurasi materi, penggunaan bahasa, serta cara penyajian materi. Metode penelitian ini melibatkan analisis mendalam terhadap isi buku teks, wawancara dengan guru Bahasa Indonesia, dan penyebaran survei kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, buku teks tersebut mematuhi Kurikulum Merdeka dan menghadirkan materi yang penting untuk pemahaman teks deskripsi. Bahasa yang digunakan mudah dipahami oleh siswa, dan penyajian materi dinilai cukup menarik serta mampu memotivasi belajar. Namun, masih ada beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki agar buku teks tersebut dapat meningkatkan kualitasnya dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30