PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PPKN PADA JENJANG SEKOLAH DASAR DI SDN UPT 107400 BANDAR KHALIPAH

Penulis

  • Waliyul Maulana Siregar Universitas Negeri Medan
  • Delia Anggraini Universitas Negeri Medan
  • Bella Zahraini Siregar Universitas Negeri Medan
  • Josep Nainggolan Universitas Negeri Medan
  • Silvia Ertiana Tarigan Universitas Negeri Medan
  • Tresia Pebrianti Banurea Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Pembelajaran PPKn, Model Pembelajaran Bermain Peran

Abstrak

Terjadinya hilangnya komunikasi antara siswa dengan guru, siswa dengan siswa lainnya, dan semua aktivitas terfokus pada guru, ditambah lagi dengan lingkungan kelas yang tidak menyenangkan. Siswa kurang terlibat dalam pembelajaran dari guru karena guru hanya menggunakan metode yang sama dalam setiap kegiatan belajar mengajar, tidak menggunakan media pembelajaran, dan selalu menggunakan metode pengajaran yang monoton sehingga siswa menjadi bosan. Oleh karena itu, siswa sulit memahami gagasan mendasar pendidikan kewarganegaraan dan menganggapnya sebagai mata pelajaran yang tidak ada sangkut pautnya dengan kehidupan sehari-hari. Peneltian ini menggunakan metode observasi pastisipatif dengan wawancara dan studi pustaka, dimana peneliti melakukan pengamatan secara dekat dengan guru kelas dan VI SDN 107400 Bandar Khalifah mengenai pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di dalam kelas.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30