IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR DAN PERMASALAHANLITERASI SAINS IPA DI SD NEGERI 167643 KOTA TEBING TINGGI
Kata Kunci:
kualitas pembelajaran, Ipa, sd. EvaluasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengimplementasikan metode evaluasi yang efektif guna meningkatkan kualitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis hasil evaluasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan evaluasi formatif yang terintegrasi dengan proses pembelajaran harian mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa secara signifikan. Selain itu, umpan balik yang diberikan secara berkala memungkinkan guru untuk menyesuaikan strategi pengajaran sesuai kebutuhan individu siswa. Implementasi evaluasi yang efektif ini tidak hanya meningkatkan hasil belajar siswa, tetapi juga memotivasi mereka untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menyarankan penggunaan evaluasi yang berkelanjutan dan berbasis pada pencapaian kompetensi sebagai langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan IPA di tingkat sekolah dasar