PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN BAHSA ANAK KELOMPOK B DI TK SUKMA NUR ROHKMAT MALANG
Kata Kunci:
metode Snowball throwing, , aspek bahasa.Abstrak
Febronia Maria Herviani Suki Dato. 2023. Penerapan Metode Snowball throwing Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B di TK Sukma Nur Rohkmat. Skripsi. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Falkutas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang Pembimbing: (1) Henni Anggraini, M.Psi. (2) Dr. Siti Muntomimah, M.Pd. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan pada salah satu paud swasta di kota Malang . Tk Sukma Nur Rohkmat di temukan bahwa anak peserta didik usia 5-6 tahun masih mengalami kendala dalam berbahasa meliputi kesulitan berbicara , bercerita dan mengemukakan pendapat dengan menggunakan bahasa anak yang baik dan benar. Solusi yang tepat untuk membantu meningkatkan kemampuan bahasa peserta didik yaitu dengan mengembangkan suatu metode pembelajaran berbasis permainan Snowball throwing Dari hasil di atas tersebut maka rumusan masalah dan tujuan pada penelitian adalah pengaruh permainan Snowball throwing dengan permainan tebak kata pada gambar binatang untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak di kelompok B di Tk Sukma Nur Rohkmat Kebonsari Malang Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) . Penelitian di lakukan dengan subjek peserta didik kelas B berjumlah 15 orang anak peserta didik. Uji coba dilakukan dua kali kelompok besar atau dengan skala yang besar . Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar validasi , lembar kuisioner atau angket , catatan lapangan ,tes dan dokumentasi. Hasil dari lembar validasi , lembar kuisioner atau angket , catatan lapangan, tes dan dokumentasi diperoleh pada siklus 1 satu masih banyak peserta didik yang belum mengalami peningkatan dengan kriteria yang cukup layak dan pada siklus 2 dua peserta didik mengalami peningkatan yang hampir memenuhi kriteria.Hasil uji coba kelompok besar mengalami peningkatan dari peserta didik yang memiliki katagori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) menjadi Berkembang Sangat Baik (BSB). Peserta didik yang memiliki katagori Mulai Berkembang (MB) menjadi anak yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH ) Dan peserta didik yang memiliki katagori Belum Berkembang (BB) menjadi anak yang Mulai Berkembang (MB). Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa perkembangan media pembelajaran berbasis Snowball Throwing sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran aspek bahasa anak usia 5-6 tahun . Saran untuk penelitian yaitu untuk menyempurnakan media pembelajaran Snowball throwing ini mengembangkan media dengan tampilan yang lebih baik dam lebih menarik.