IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR DAN PERMASALAHANLITERASI SAINS IPA DI SD NEGERI 167643 KOTA TEBING TINGGI

Penulis

  • Septian Prawijaya Universitas Negeri Medan
  • Dhea Divana Anggreni Br Kaban Universitas Negeri Medan
  • Santa Grace Naibaho Universitas Negeri Medan
  • Nurleli Hasibuan Universitas Negeri Medan
  • Aldino Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Literasi Sains, IPA

Abstrak

Pada jenjang sekolah dasar, IPA adalah salah satu mata pelajaran yang mengkaji dasar dasar pengetahuan alam, sebagai  makhluk hidup, kita harus mengenal dan memahani setiap kehidupan yang ada di alam bumi ini. Maka dari itu peneliti memakai metode pembelajaran yang mempersiapkan siswa mempunyai pengetahuan dasar  yang baik tentang ilmu pengetahuan alam.  Berwawasan sains, kritis, kreatif, dan inovatif, serta dapat berkomunikasi dan berkerja sama dengan berbagai  unsur unsur pengetahuan alam. Literasi sains juga disebut sebagai keahlian seseorang dalam memahami ilmu pengetahuan alam melalui menganalisis,membaca, dan menuliskan.  Peserta didik mampu menerapkan keterampilan berwawasan kritis , sains , kreatif, dan inovatif  untuk memecahkan masalah yang berakaitan dengan alam. Selain itu siswa juga mempunyai sikap dan kepekaan yang tinggi  kepada pribadi siswa sendiri dan lingkungan dalam mencari keputusan berdasarkan perbandingan kritis dan sains. Kemampuan kritis berdasarkan sains tersebut menciptakan peserta didik yang siap untuk menantang  dan menyelesaikan berbagai permasalahan hidup dalam masyarakat maju yang kini hamper seluruhnya dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Peserta didik dapat menggunakan pengetahuan sainsnya untuk memecahkan masalah global seperti masalah lingkungan dan Kesehatan, pemahaman sains memberikan solusi terhadap masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai masalah yang berkaitan dengan literasi sains IPA di SD Negeri 167643 Kota Tebing Tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, di mana peneliti mengumpulkan data melalui wawancara dengan seorang guru di sekolah tersebut. Subjek penelitian ini adalah salah satu guru yang mengajar tematik di SD Negeri 167643 Kota Tebing Tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pengajaran yang digunakan guru dapat meningkatkan literasi sains siswa di sekolah tersebut.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30