PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DI SD

Penulis

  • Septian Prawijaya Universitas Negeri Medan
  • Mutia Ramadhani Universitas Negeri Medan
  • Siti Haliza Dongoran Universitas Negeri Medan
  • Aulia Rensy Tarihoran Universitas Negeri Medan
  • Dian Novita Sari Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Perkembangbiakan Hewan, Pembelajaran IPA SD, Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri

Abstrak

Pembelajaran Inquiri adalah model pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung untuk berpikir. Tujuan dari penelitian ini untuk memberitahukan bagaimana model pembelajaran inquiri mempengaruhi terhadap pemahaman konsep perkembangbiakan hewan di SD. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif. Metode kualitatif merupakan sebuah teknik yang menggunakan data penjelasan dalam bentuk bahasa yang terucap maupun tertulis dari objek yang dikaji. Adapun teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu studi literature review. Studi Literature review adalah suatu cara untuk mengumpulkan data dari pembacaan dan pencatatan dari berbagai referensi baik itu jurnal, buku, majalah maupun artikel yang berhubungan dengan masalah dalam penelitian. Dalam pelaksanaannya peneliti melakukan 3 tahapan, adapun tahapan tersebut mencakup (1) memilih jenis pustaka, (2) mengkaji informasi yang sudah didapat, dan (3) mengumpulkan bahan menjadi satu bentuk (laporan). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa pengaruh model pembelajaran inquiri terhadap pemahaman konsep perkembangbiakan hewan di SD mampu meningkatkan kemampuan bernalar siswa dan mendorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah dan menjawab pertanyaan terkait perkembangbiakan hewan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31