PEMANFAATAN PERMAINAN EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PEMBELAJARAN PKN

Penulis

  • Fira Trizki Ragitha Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Ajeng Dwi Puspitasari Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Antika Saputri Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Kata Kunci:

GameEdukasi, Pembelajaran PKN, Keaktifan belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi guna meningkatkan keaktifan pembelajaran PKN. Media game edukasi tersebut untuk memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran PKN. Penelitian ini mendeskripsikan penggunaan game tepuk kartu untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Dalam permainan ini dirancang khusus untuk mengajarkan konsep-konsep dasar PKN seperti persatuan dan kesatuan bangsa, norma hukum dan peraturan, hak asasi manusia dan lain-lain. Permainan dilakukan dengan cara menyiapkan media kertas yang sudah diisikan pertanyaan-pertanyaan mengenai materi konsep dasar PKN. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31