IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AKTIVITAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Education, Civics, InteractiveAbstrak
Dalam proses belajar mengajar di dalam kelas, guru merupakan pelaku utama dalam membuat suasana interaktif di dalam kelas, yaitu interaksi antara guru dan siswa, serta menyediakan sumber belajar yang menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dan memanfaatkan studi literatur sebagai metode pengumpulan data. Studi literatur adalah bentuk penelitian yang dilakukan dengan menelaah berbagai karya tulis. Sumber data penelitian ini adalah jurnal online dan studi kepustakaan lainnya. Proses belajar mengajar mempunyai makna dan pengertian yang lebih luas dari pada pengertian mengajar itu sendiri, karena didalamnya tersirat satu kesatuan kegiatan yang tidak terpisahkan antara siswa yang belajar dengan guru yang mengajar, sehingga terjalin dalam bentuk interaksi edukatif. Hapalan dan ceramah adalah metode kuno yang tidak relevan di zaman modern ini. Hasil penelitian mengenai implementasi model pembelajaran interaktif berbasis aktivitas untuk meningkatkan hasil belajar siswa pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar yaitu peneliti tidak menyudutkan hapalan dan ceramah, akan tetapi penggunaanya harus dikurangi dalam pembalajaran kewargangeraan. Jika pendidikan moral dilaksanakan secara mendasar dengan memperkuat nilai-nilai yang di rumah dan di masyarakat, tentu juga mesti dilaksanakan dalam dunia pendidikan, khususnya di sekolah, antara lain melalui berbagai kegiatan pembelajaran dalam berbagai mata pelajaran, salah satunya Pendidikan Kewarganegaraan.