KAJIAN LITERATUR: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA

Penulis

  • Citra Kharisma Silitonga Universitas Negeri Medan
  • Asyfa Uqalby Universitas Negeri Medan
  • Azni Wildan Universitas Negeri Medan
  • Tiara Sauna Br Sembiring Universitas Negeri Medan
  • Septian Prawijaya Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Pembelajaran Berbasis Masalah, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.  Model PBL merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada proses penyelesaian masalah secara mandiri dan kolaboratif serta bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan tinjauan pustaka untuk mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber informasi seperti buku, jurnal, dan laporan penelitian lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan PBL secara signifikan  meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini disebabkan karena karakteristik PBL yang mendorong siswa untuk lebih terlibat aktif, berpikir kritis, dan berkolaborasi untuk memecahkan masalah. Selain itu, PBL juga terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Siswa yang belajar dengan model PBL menunjukkan pemahaman konsep yang lebih baik dan kemampuan  yang lebih besar dalam menerapkan pengetahuannya dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan metode tradisional.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31