ANALISIS PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Waliyul Maulana Siregar Universitas Negeri Medan
  • Neha Divya Universitas Negeri Medan
  • Azni Wildan Universitas Negeri Medan
  • Mittrani Septania Silalahi Universitas Negeri Medan
  • Melyana Novi Anggi Manalu Universitas Negeri Medan
  • Helena Raymonda Sipayung Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Pengembangan, Media Pop-up Book, Pembelajaran PKN

Abstrak

Buku pop-up adalah buku yang terdiri dari halaman-halaman yang bergerak ketika dibuka, dan halaman-halaman tersebut didesain dengan elemen tiga dimensi khas buku pop-up berisi gambar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan sistesis literatur terkait dengan pengembangan media pop-up book dalam pembelajaran PKN di SD. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan sistematis literatur review (SLR) dengan pendekatan kualitatif, Dimana data dikumpulkan melalui analisis terinci dari semua artikel yang relevan dan terkait dengan subjek yang diteliti. Studi ini menggunakan jurnal online yang diakses melalui database Google Scholar. Berdasarkan hasil peninjauan literatur, ditemukan bahwa pembelajaran PKN dengan pop-up book memang sangat layak dilakukan dalam pembelajaran, Dimana dalam pembelajaran membuat siswa bersemangat belajar dan menambah makna dalam proses pembelajaran

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31