ANALISIS PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Pengembangan, Media Pop-up Book, Pembelajaran PKNAbstrak
Buku pop-up adalah buku yang terdiri dari halaman-halaman yang bergerak ketika dibuka, dan halaman-halaman tersebut didesain dengan elemen tiga dimensi khas buku pop-up berisi gambar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan sistesis literatur terkait dengan pengembangan media pop-up book dalam pembelajaran PKN di SD. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan sistematis literatur review (SLR) dengan pendekatan kualitatif, Dimana data dikumpulkan melalui analisis terinci dari semua artikel yang relevan dan terkait dengan subjek yang diteliti. Studi ini menggunakan jurnal online yang diakses melalui database Google Scholar. Berdasarkan hasil peninjauan literatur, ditemukan bahwa pembelajaran PKN dengan pop-up book memang sangat layak dilakukan dalam pembelajaran, Dimana dalam pembelajaran membuat siswa bersemangat belajar dan menambah makna dalam proses pembelajaran