KENDALA YANG DIHADAPI GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PPKn DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Waliyul Maulana Siregar Universitas Negeri Medan
  • Mutia Ramadhani Universitas Negeri Medan
  • Tami Nopianti Universitas Negeri Medan
  • Mawar Afriza Universitas Negeri Medan
  • Erlina Ramadhani Universitas Negeri Medan
  • Daniel Sinaga Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Hambatan Guru, Kegiatan Belajar Mengajar, PPKn, Sekolah Dasar

Abstrak

Studi ini bertujuan menyelidiki masalah yang dihadapi oleh guru dalam proses belajar mengajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di tingkat sekolah dasar. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penerapan metode ini bertujuan untuk memberikan deskripsi menyeluruh mengenai permasalahan yang sedang dipertimbangkan selama penyelidikan. Melalui wawancara dengan seorang wali kelas di kelas IV yang menjadi subjek dari penelitian, serta analisis terhadap kendala-kendala yang muncul, penelitian ini mengidentifikasi beberapa faktor penyebab utama. Kurangnya variasi dalam metode pembelajaran dan keterbatasan umur serta keterbatasan fasilitas sekolah, termasuk alat peraga dan sumber belajar, menjadi fokus utama analisis. Berdasarkan hasil temuan, disarankan adanya pelatihan rutin bagi guru dalam metode pembelajaran inovatif, peningkatan fasilitas sekolah, penyediaan sumber belajar yang lengkap, dan kolaborasi yang lebih erat dengan orang tua serta komunitas. Diharapkan langkah-langkah ini dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran PPKn di sekolah dasar dan mendorong pemahaman serta penerapan nilai-nilai Pancasila dan kewarganegaraan oleh siswa

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31