PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PEGARA DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Neha Divya Universitas Negeri Medan
  • Nazhila Eidewis Hudinta Universitas Negeri Medan
  • Aisyah Sihombing Universitas Negeri Medan
  • Rendi Irwansyah Universitas Negeri Medan
  • Septian Prawijaya Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Alat Peraga Pembelajaran IPA, Hasil Belajar Siswa

Abstrak

Metode pembelajaran yang menggunakan alat peraga, terutama untuk mata pelajaran IPA, didasarkan pada kenyataan bahwa banyak bahan ajar yang mudah dipelajari. Oleh karena itu, pembelajaran dengan alat peraga memerlukan banyak waktu bagi siswa untuk memahami materi. Hal ini juga akan membantu siswa mencapai hasil belajar yang lebih baik dalam mata pelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan ulasan literatur tentang bagaimana penggunaan alat peraga pada pembelajaran IPA di sekolah dasar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review), pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menganalisis semua artikel yang berkaitan dengan subjek tersebut. Studi ini menggunakan jurnal online yang diakses melalui database Google Scholar. Berdasarkan hasil peninjauan literatur, ditemukan bahwa penggunaan alat peraga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa karena apabila siswa menyukai materi dan mudah memahaminya, hasil belajar mereka akan meningkat, dan alat peraga adalah salah satu faktor yang mempengaruhi hal ini.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31