IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI KARAKTER MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL JURU PENCAR PADA PESERTA DIDIK DI SD KARTIKA VII-2 DENPASAR
Kata Kunci:
Permainan Juru Pencar, Nilai Pendidikan KarakterAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai karakter yang terkandung dalam permainan tradisional Juru Pencar, hasil penanaman nilai karakter melalui permainan tradisional Juru Pencar pada peserta didik serta mengetahui implikasi permainan tradisional Juru Pencar sebagai media penanaman nilai karakter pada peserta didik. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SD Kartika VII-2 Denpasar. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 10 anak. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi data. Selanjutnya, analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat nilai karakter di dalam permainan tradisional Juru Pencar yaitu nilai disiplin, nilai kerja keras, nilai kebersamaan, nilai kejujuran dan nilai tanggung jawab; (2) Implementasi penanaman nilai-nilai Pendidikan karakter melalui permainan tradisional Juru Pencar pada peserta didik dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Yang terakhir adalah evaluasi pembelajaran berupa hasil penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui permainan tradisional Juru Pencar; (3) Implikasi dari permainan tradisional Juru Pencar adalah membentuk karakter anak, baik sebagai individu yang cerdas dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik, pembentukan jiwa sosial yang berwawasan integratif, dan berperan membentuk individu yang cakap dan berwawasan budaya.