PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SENI TARI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 ABIANSEMAL, KABUPATEN BADUNG

Penulis

  • I Gusti Ayu Mas Nari Wulan Institut Seni Indonesia Denpasar
  • I Wayan Karja Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ni Luh Sustiawati Institut Seni Indonesia Denpasar

Kata Kunci:

Model Pembelajaran, Project Based Learning, Seni Tari, SMP Negeri 3 Abiansemal

Abstrak

Project based learning merupakan model pembelajaran yang berbasis proyek dimana peserta didik mampu menampilkan dan memeragakan karya tari kreasi sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model project based learning pada pembelajaran seni tari, prestasi belajar seni tari peserta didik dengan menggunakan model project based learning, serta persepsi pendidik dan peserta didik setelah penerapan model project based learning dalam pembelajaran seni tari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode esksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun desain penelitian yang digunakan yaitu One-Group Pretest-Postest. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Abiansemal, Kabupaten Badung dan subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX E. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan purposive sampling yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, tes, kuisioner (angket), studi dokumen dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan independen sample t-test untuk menghitung uji beda. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model project based learning dilaksanakan sebanyak 8 kali pertemuan dan menghasilkan perbedaan rata-rata nilai sebelum penerapan model project based learning (menggunakan model konvensional) dan setelah penerapan model project based learing dengan hasil yang didapatkan thitung =  22,35 dan ttabel= 1,67. maka 22,35 > 1,67, hipotesis alternatif diterima atau nilai thitung =  22,35 dengan P-value (0,00) < (0,05) maka nilai signifikan yang artinya terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran seni tari sebelum menggunakan model project based learning dengan sesudah menggunakan model project based learning. Diperkuat dengan hasil persepsi pendidik dan peserta didik mendapatkan tanggapan yang positif sehingga terdapat peningkatan prestasi belajar dengan menerapkan penerapan model project based learning dalam pembelajaran seni tari.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31