PENGARUH MUSIK INSTRUMENTAL DEGUNG BLAMBANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS XI SMA NEGERI SRONO BANYUWANGI

Penulis

  • Hari Waskito Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Ni Wayan Ardini Institut Seni Indonesia Denpasar

Kata Kunci:

Instrumental, Degung Blambangan, Hasil Belajar, Matematika

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan alat musik instrumental Degung Blambangan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMA Negeri Srono, Banyuwangi. Latar belakang penelitian ini adalah melihat fenomena perkembangan pembelajaran, khususnya dalam konteks musik sebagai alat pendukung dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami potensi pengaruh musik instrumental Degung Blambangan dalam membentuk suasana kondusif di kelas, serta mengukur dampak signifikan pada hasil belajar matematika siswa, khususnya pada materi aljabar fungsi, komposisi fungsi, dan fungsi invers. Pendekatan penelitiannya adalah kuantitatif, dengan rancangan penelitian quasi eksperimen desain post-test. Responden penelitian sebanyak 50 siswa, dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen (25 siswa) dan kelas kontrol (25 siswa). Instrumen evaluasi berupa tes pemahaman bentuk aljabar komposisi, fungsi komposisi, dan invers. Analisis data menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor t-end = 2,057088 < t-table = 2,010634, mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Lebih lanjut, peningkatan signifikan terlihat pada semua tingkat kemampuan awal siswa dalam materi aljabar fungsi. Sebagai simpulan/hasil, penggunaan Musik instrumental  Degung Blambangan berdampak positif pada hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri Srono Banyuwangi. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dengan memanfaatkan alat musik tradisional dapat meningkatkan pembelajaran matematika. Kontribusi penelitian ini memberikan pemahaman lebih mendalam tentang potensi musik tradisional sebagai sarana pendukung pembelajaran di sekolah.

This research was conducted to evaluate the effect of using an instrumental musical instrument gamelan Blambangan on the mathematics learning outcomes of class XI students at SMA Negeri Srono, Banyuwangi. The background of this research is to look at the phenomenon of learning development, especially in the context of music as a supporting tool in mathematics learning. This research aims to understand the potential influence of instrumental music gamelan Blambangan in creating a conducive atmosphere in the classroom, as well as measuring the significant impact on students' mathematics learning outcomes, especially in the material on algebraic functions, the composition of functions, and inverse functions. The research approach is quantitative, with a quasi-experimental research design post-test design. The research respondents were 50 students, divided into two groups, namely the experimental class (25 students) and the control class (25 students). The evaluation instrument is a test of understanding the algebraic form of composition, composition function, and inverse. Data analysis using independent sample t-test. The results showed that the t-end score = 2.057088 < t-table = 2.010634, indicating a significant difference between the experimental and control classes. Furthermore, significant improvements were seen at all levels of student's initial abilities in function algebra material. As a conclusion/result, the use of instrumental music gamelan Blambangan has a positive impact on the mathematics learning outcomes of class XI students at SMA Negeri Srono Banyuwangi. These results show that applying a scientific approach using traditional musical instruments can improve mathematics learning. The contribution of this research provides a deeper understanding of the potential of traditional music as a means of supporting learning in schools.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31