RUANG LINGKUP PEMBELAJARAN IPS DI SD

Penulis

  • Walhazwa Universitas Jambi
  • Agiska Cahnia Universitas Jambi
  • Silvina Noviyanti Universitas Jambi
  • Faizal Chan Universitas Jambi

Kata Kunci:

Ruang Lingkup, Pembelajaran IPS, Sekolah Dasar

Abstrak

Konsep ruang dan waktu merupakan unsur penting yang tak dapat dipisahkan dalam suatu peristiwa dan perubahan dalam kehidupan manusia sebagai subyek atau pelaku sejarah. Dengan mempelajari peristiwa-peristiwa masa lalu, manusia menjadi bijaksana dalam menghadapi kehidupan saat ini dan masa yang akan datang. Tujuan penulisan ini adalah memahami ruang dan waktu dalam sejarah, ruang lingkup kajian IPS, dan pentingnya mengetahui ruang lingkup tersebut. Metode penulisan ini menggunakan studi literatur atau telaah pustaka, dan dijelaskan secara kualitatif. Hasil dari penulisan ini menunjukkan bahwa ruang dan waktu adalah dua konsep penting dalam ilmu sejarah. Konsep ruang berkaitan dengan lokasi atau tempat terjadinya peristiwa sejarah, sedangkan konsep waktu berkaitan dengan kapan peristiwa sejarah itu terjadi. Ruang lingkup kajian IPS meliputi a) substansi materi Ilmu-ilmu sosial yang bersentuhan dengan masyarakat dan b) gejala, masalah, dan peristiwa sosial tentang kehidupan masyarakat. Kedua lingkup pengajaran IPS ini harus diajarkan secara terpadu karena hakikat pembelajaran IPS tidak hanya bersifat teoritis tetapi juga praktis. Pentingnya mengetahui ruang lingkup kajian IPS terletak pada kedudukan ilmu sosial dalam kaitannya dengan pendidikan IPS, yang menempatkan ilmu-ilmu sosial sebagai sumber ilmu keilmuan dan materi bahan sajian pendidikan IPS. Hubungan keduanya bersifat materiil, dengan ilmu-ilmu sosial sebagai dasar studi sosial. Implikasinya, jika penguasaan terhadap konsep-konsep disiplin ilmu-ilmu sosial lemah, maka potensi/kemampuan pengembangan pendidikan IPS juga akan lemah. IPS merupakan subsistem dan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari ilmu-ilmu sosial.

The concept of space and time is an integral element that cannot be separated in an event and its changes in human life, serving as the subject or agent of history. By delving into events of the past, individuals gain wisdom in navigating present and future life. The aim of this writing is to comprehend the notions of space and time within history, explore the scope of social studies, and underscore the significance of understanding this scope. The methodology employed in this writing involves a literature study or review, presented qualitatively. The findings reveal that space and time are two pivotal concepts within the field of history. The concept of space pertains to the location or place of historical events, while the concept of time is linked to when these historical events transpired. The scope of social studies encompasses a) the substance of social sciences material in connection with the community, and b) symptoms, problems, and social events concerning people's lives. Both aspects of social studies teaching should be integrated as the nature of social studies learning is not solely theoretical but also practical. Understanding the scope of the study of social studies is crucial, positioning social sciences in relation to social studies education as a source of scientific knowledge and material for social studies education. Hence, the relationship between the two is material, with social sciences serving as the foundation of social studies. The implication is that a weak mastery of the concepts of social science disciplines will result in a weakened potential/ability to develop social studies education. Social studies is a subsystem and an inseparable part of the social sciences, representing a study/field that simplifies and packages facts, concepts, principles, and generalizations from the social sciences in an engaging manner for educational purposes.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31