PERAN ORANGTUA DALAM PENDIDIKAN INFORMAL UNTUK MENGATASI KESENJANGAN

Penulis

  • Arum Dwi Saputri Universitas Negeri Medan
  • Rutpani Suryani Br Sinulingga Universitas Negeri Medan
  • Ega Anysa Br Gultom Universitas Negeri Medan
  • Ela Saputri Universitas Negeri Medan
  • Rifa Wahyuni Universitas Negeri Medan
  • Efata Sianturi Universitas Negeri Medan
  • Syairal Fahmy Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Pendidikan Informal, Peranan Orangtua, Teori Belajar Sosial, Kesenjangan Pendidikan

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang peranan orang tua dalam pendidikan informal anak-anak, khususnya dalam konteks mengatasi kesenjangan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki dan menganalisis peranan orang tua dalam pendidikan informal dengan fokus pada pendekatan teori belajar sosial. Metode yang digunakan adalah studi literatur untuk mengumpulkan informasi yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua memainkan peran signifikan dalam membentuk perilaku anak-anak mereka melalui proses observasi, peniruan model, dan penguatan positif. Teori belajar sosial Albert Bandura mengidentifikasi empat komponen penting dalam hal ini. Kesimpulannya, peranan orang tua dalam pendidikan informal sangat penting dalam membantu anak-anak mengatasi kesenjangan pendidikan. Dengan memberikan contoh perilaku yang diinginkan, motivasi, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif, orang tua dapat menjadi agen perubahan yang efektif dalam membantu anak-anak mereka mencapai potensi maksimal dalam pendidikan dan mengatasi kesenjangan Pendidikan

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31