TINJAUAN PERBEDAAN PENILAIAN ANTARA KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM MERDEKA

Penulis

  • Waliyul Maulana Siregar Universitas Negeri Medan
  • Cindy Aulia Aprianti Universitas Negeri Medan
  • Elvina Mauliza Universitas Negeri Medan
  • M. Hafidz Al Rasyid Universitas Negeri Medan
  • Mutiara Nabila Universitas Negeri Medan
  • Seser Novelina Purba Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Perbandingan Penilaian, Kurikulum 2013, Kurikulum Merdeka

Abstrak

Pendidikan memegang peranan penting dalam membentuk intelektualitas dan kompetensi generasi muda, sehingga memberikan pengaruh besar terhadap kualitas dan kecerdasan generasi mendatang. Kurikulum berfungsi sebagai landasan perspektif kehidupan suatu bangsa, yang mencakup organisasi saat ini dan aspirasi masa depan. Evolusi kurikulum di Indonesia merupakan babak penting dalam pembangunan pendidikan bangsa. Artikel ini mendalami analisis perbandingan antara penilaian Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Tujuan utamanya adalah untuk menjelaskan perbedaan penilaian antara kerangka pendidikan ini. Kurikulum Indonesia mengalami revisi atau pembaruan setidaknya sekali setiap dekade, yang mana perubahan dapat terjadi di berbagai bidang, termasuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Artikel ini mengadopsi pendekatan tinjauan pustaka atau studi literatur, yang secara sistematis mengumpulkan sumber daya relevan yang berkaitan dengan pokok bahasan yang sedang diselidiki. Sumber daya ini bersumber dari berbagai media seperti perpustakaan, situs web, majalah, dan surat kabar. Selanjutnya, materi yang dikumpulkan diteliti dan disintesis dengan cermat agar selaras dengan fokus tematik penelitian. Wawasan yang diberikan di sini berfungsi sebagai informasi tambahan yang berharga bagi badan pemerintah, pendidik, dan siswa.

Education plays an important role in shaping the intellect and competence of the younger generation, thus having a major influence on the quality and intelligence of future generations. The curriculum functions as a foundation for a nation's life perspective, which includes current organizations and future aspirations. The evolution of the curriculum in Indonesia is an important stage in the nation's educational development. This article explores the comparative analysis between the 2013 Curriculum assessment and the Merdeka Curriculum. The main goal is to explain the assessment differences between these educational frameworks. The Indonesian curriculum undergoes revisions or updates at least once every decade, where changes can occur in various fields, including advances in science and technology. This article adopts a literature review or literature study approach, which systematically collects relevant resources related to the subject matter being investigated. These resources come from various media such as libraries, websites, magazines and newspapers. Next, the collected material is carefully researched and synthesized to align with the thematic focus of the research. The insights provided here serve as valuable additional information for government agencies, educators, and students.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31