IMPLEMENTASI REGULASI PAJAK TERHADAP KETERLIBATAN ANAK-ANAK DI BAWAH UMUR SEBAGAI INFLUENCER DI INDONESIA
Kata Kunci:
Pajak, Regulasi Pajak, Influencer, tax, tax regulations, influencersAbstrak
Abstrak
Perkembangan teknologi dan informasi menyebabkan keberadaan influencer meningkat pesat. Bahkan, diantara banyaknya influencer tersebut seringkali dijumpai anak-anak di bawah umur. Partisipasi anak-anak di bawah umur dalam pemasaran digital ini menyebabkan timbulnya kekhawatiran terkait undang-undang perpajakan, akuntabilitas fiskal, dan perlindungan hak pajak mereka. Dalam hal ini diperlukan adanya penetapan undang-undang perpajakan yang sesuai untuk anak-anak yang terlibat sebagai influencer. Melalui peraturan yang sesuai, partisipasi anak-anak sebagai influencer dapat dikendalikan dengan baik, terutama dalam kaitannya dengan adilnya pembayaran pajak, keamanan finansial, dan pengetahuan tentang kewajiban sosial dan hukum yang mereka miliki. Adanya penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pemberlakuan dan hambatan atas penerapan regulasi pajak terhadap anak-anak sebagai influencer. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan normatif, yaitu mengkaji praktik-praktik yang berkaitan dengan peran anak-anak sebagai influencer, serta memastikan kesesuaiannya dengan hukum dan prinsip etika yang berlaku. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa penghasilan anak yang belum dewasa dianggap sebagai bagian dari penghasilan orang tua dan dikenakan pajak secara bersamaan sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Pajak Penghasilan.
Abstract
The development of technology and information has caused the presence of influencers to increase rapidly. In fact, among the many influencers you often find underage children. The participation of minors in digital marketing has raised concerns regarding tax laws, fiscal accountability and the protection of their tax rights. In this case, it is necessary to establish appropriate tax laws for children involved as influencers. Through appropriate regulations, children's participation as influencers can be well controlled, especially in relation to fair tax payments, financial security, and knowledge of the social and legal obligations they have. This research aims to examine the implementation and obstacles to the implementation of tax regulations on children as influencers. This research was conducted using a normative approach, namely examining practices related to the role of children as influencers, and ensuring their conformity with applicable laws and ethical principles. Based on the research that has been carried out, it has been concluded that the income of minor children isconsidered part of the parents' income and is taxed simultaneously as stated in the Income Tax Lawon.