PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS X

Penulis

  • Elsya rahayu politeknik piksi ganesha
  • Erix gunawan politeknik piksi ganesha

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Rawat Jalan, Kepuasan Pasien, Service Quality, Outpatient Care, Patient Satisfaction

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pasien rawat jalan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas X . Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan pengolahan data menggunakan program SPSS versi 20. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Studi Pustaka dan Quesioner dengan sampel 49 responden. Hasil Penelitian dengan menggunakan uji koefisien determinasi, menunjukkan pengaruh kualitas pelayanan pasien rawat jalan terhadap kepuasan pasien sebesar 91.5%. Permasalahan yang ditemukan dari penelitian yang dilakukan adalah : (1) SIKDA dan aThis research was conducted to determine the effect of the quality of outpatient services on patient satisfaction at Puskesmas X. The research method used is a quantitative method with a descriptive approach and data processing using the SPSS version 20 program. The data collection techniques used are observation, literature study, and questionnaires with a sample of 49 respondents. Research results using the coefficient of determination test showed that the influence of outpatient service quality on patient satisfaction was 91.5%. The problems found from the research carried out are: (1) SIKDA and the internet access used often experience errors and loading, (2) The accumulation of patients in the registration section due to having to input data first, (3) The existence of certain polyclinics which limit the number of patients admitted. Willkses internet yang digunakan sering terjadi error dan loading, (2) Menumpuknya pasien dibagian pendaftaran dikarenakan harus melakukan penginputan data terlebih dahulu, (3) Adanya poliklinik tertentu yang membatasi jumlah pasien yang akan diperiksa oleh dokter. Adapun saran yang diberikan untuk Puskesmas X , diantaranya: (1) Sebaiknya pihak Dinas Kesehatan melalukan perbaikan system , (2) Petugas dengan sangat memohon maaf kepada pasien yang kehabisan kuota berobat poliklinik yang dibatasi jumlah pasien untuk berobatnya, dengan datang lebih awal di keesokan harinya.

This research was conducted to determine the effect of the quality of outpatient services on patient satisfaction at Puskesmas X. The research method used is a quantitative method with a descriptive approach and data processing using the SPSS version 20 program. The data collection techniques used are observation, literature study, and questionnaires with a sample of 49 respondents. Research results using the coefficient of determination test showed that the influence of outpatient service quality on patient satisfaction was 91.5%. The problems found from the research carried out are: (1) SIKDA and the internet access used often experience errors and loading, (2) The accumulation of patients in the registration section due to having to input data first, (3) The existence of certain polyclinics which limit the number of patients admitted. Will.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-31